Macam - Macam kunci

Kunci - Kunci (Spanner)
Dalam bengkel otomotif ataupun bengkel kerja bangku dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat bertenaga (Hand tools and Power tools). kedua jenis alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya, alat tangan berarti alat yang dalam penggunaannya hanya mengandalkan tenaga manusia, sedangkan power tools untuk menggerakannya menggunakan tenaga bantu dari mesin, misalnya mesin gerinda untuk dapat berputar batu gerindanya harus di putarkan oleh motor listrik.
Kunci dalam peralatan perbengkelan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membuka dan mengencangkan (mengunci) sebuah baut terhadap murnya atau sebaliknya, sebutan mur atau baut dalam hal adalah berdasarkan tinjauan bentuk kepala, bukan bentuk ulirnya.

Kunci Pas (Open End Spanner)

Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome Vanadium, kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 15 terhadap tangkainya. Pada disain khusus terdapSoket
nci pas dengan arah rahang 90dari tangkainya
Digunakan untuk melepas baut atau mur yang sudah dikendorkan dengan kunci socketatau ring. Kunci pas dapat melepas baut dengan cepat. Kunci pas tidak boleh untuk mengencangkan atau mengendorkan baut yang belum kendor, karena dapat merusak kepala baut/mur, mengingat bidang sentuhnya hanya sedikit.Umumnya ukuran kepala berbeda antar sisi misalnya 9 mm dan 10 mm.

Kunci Ring (Offset Ring Spanner)

Sudut offset yang lazim adalah 45o, namun tidak selalu demikian. Sudut ini memungkinkan spanner dapat terpasang tepat pada mur/baut, dengan posisi yang sulit.  dan jika menggunakan spanner yang jenisnya lebih pipih akan terjadi kurangnya ruang antara yang cukup.Ujung persegi menutupi sudut mur/baut sepenuhnya, kemungkinan wrench untuk tergelincir sangat kecil. Ketika membuka bolt pada ruang terbatas, wrench dapat diangkat dan dimasukkan kembali.Jangan menggunakan extension pada wrench untuk meningkatkan torque.

Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner)

Dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut/mur terutama pada bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh kunci socket. Kunci pas-ring cukup praktis, karena bagian ring, dapat untuk mengencangkan/mengendorkan sedangkan bagian pasnya bisa untuk melepas dengan cepat. Hati-hati mengencangkan baut/mur ukuran kecil, karena dapat menyebabkan baut patah.

Kunci Nipel (Flare Nut Spanner)

Spanner ini digunakan untuk mengencangkan/melepas baut pada sambungan–sambungan pipa yang serupa dengan sambungan-sambungan yang digunakan pada injector lineatau pipa rem. Ferrule nut wrench/flare nut spannermemiliki bentuk yang serupa dengan standard box endwrench, hanya slot di bagian ujung dan jaw yang berbeda. Bagian-bagian ujung wrench  berbentuk miring 15 derajat dari shank dan ukurannya ditandai di bagian tengah shank. Wrench jenis ini dirancang untuk melonggarkan atau mengencangkan ferrule nut pada fuel line dan tidak boleh digunakan untuk tujuan umum atau aplikasi dengan torque tinggi. JANGAN menggunakan extension atau memukul dengan hammer untuk melipatgandakan kekuatan. Ferrule nut wrencah/flare nut spanner tidak dirancang untuk penggunaan seperti di atas dan dapat terlempar dari fastener atau patah, yang dapat menyebabkan cidera. Wrench dalam penggunaannya harus ditarik, hindari mendorong atau menekan. Jika harus ditekan, tekan dengan tangan terbuka.

- Kunci Busi (SparkPlug Socket).

Alat ini dipasang dengan sisipan karet yang tidak hanya mencegah porselin pada busi agar tidak pecah, melainkan juga menahan busi untuk memudahkan pelepasan dan pemasangan. Alat ini dibuat dengan bermacam-macam ukuran agar cocok dengan semua busi.

Kunci Roda (Wheel Brace)

Alat ini digunakan untuk melepaskan dan memasang kembali pelak(lug) ataun mur (nut) pada roda. Alat ini biasanya mempunyai 3 atau 4 ujung socket dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini membuat sebuahwheel brace cocok untuk berbagai penggunaan pada kendaraan.

Kunci Allen (AllensKeys)

Kunci allen, disebut juga kunci inbusdibuat dari baja heksagonal high tensile, seringkali dibengkokkan dengan sudut yang tepat dan berbentuk huruf ”L” dan ada yang berbentuk huruf ”T”. Ada juga kunci allen yang dioperasikan seperti kunci sock . Allen keydigunalan untuk melepaskan dan mengganti mur/sekrup dengan tengah kepala berbentuk segi enam  (Allen headed cap).

Adjustable / Shifing Spanner

Alat ini hanya digunakan bila spanner atau socket yang tepat untuk pekerjaan tersebut tidak tersedia.
Wrench  ini memiliki head dengan salah satu jaw tetap dan jaw yang lainnya bisa disetel.   Head memiliki sudut  22.50 terhadap shank atau handle. Adjustment screw yang di-knurling berguna untuk menggerakkan adjustable jaw dan berada ditengah-tengah head. Adjustable wrench secara umum dipergunakan pada  bolt atau nut ukuran tertentu (special) atau  hanya ketika open end, box end atau combination wrench tidak tersedia. Meskipun adjustable wrench dapat dipergunakan pada macam-macam ukuran, namun tidak dapat mencengkeramnut ataubolt seaman standard wrenchdan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk slip dan merusak fastener.Wrench ini tidak dirancang untuk pekerjaan service yang berat dan tidak boleh digunakan di tempat yang memerlukan tenaga yang kuat. Selalu kencangkanjaw dengan aman pada fastener sebelum menggunakan wrench.Pastikan adjustable jawmenghadap ke si pemakai tool ketika menarik wrench. Hal ini akan menempatkan tenaga yang lebih besar pada stationary jaw dan membantu mempertahankan cengkeraman yang kuat pada fastener.HINDARI MENDORONG adjustable wrench, memukulnya dengan hammer, atau menggunakan extension.

Kunci Soket

Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi
atau sejenis logam paduan yaitu chrome vanadium dan untuk memperbaiki
penampilannya dilapisi dengan nikel. Satu ujung soket mempunyai dudukan
segi empat, dan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal (seperti kunci
ring) untuk digunakan pada mur atau baut,Kunci soket sering disebut juga kunci sok, kunci sok dirancang
khusus untuk melepas/memasang baut dan mur. Kunci sok adalah
jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari
kendaraan bermotor. Kunci ini akan pas pada baut hampir pada seluruh
tempat pada kendaraan.

Comments